• SMP NEGERI 1 SURAKARTA
  • SPENSA JAYA

Mettanews.id : Penguatan Profil Pelajar Pancasila, SMP N 1 Solo Gelar Lokakarya Batik

SOLO, MettaNEWS – Murid SMP N 1 Solo mengikuti lokakarya batik. Kearifan lokal yang mengangkat tema tentang kain batik.

Lokakarya ini masuk dalam program P5 atau Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila. SMP N 1 Solo memilih kegiatan lokakarya batik berlanjut dengan praktek dan pameran hasil karya siswa.

Sebagai pemberi materi pada lokakarya Memetri Lestarining Batik tersebut adalah Danarsih Santosa Doellah pemilik batik Danar Hadi, dari Keraton Kasunanan Surakarta hadir KGPH Dipokusumo dan Wakil Ketua Himpunan Ratna Busana Febri Hapsari Dipokusumo.

Kepala Sekolah SMP N 1 Surakarta, Salim Ahmad menjelaskan, program P5 ada 7 tema yang mendukung konsep kurikulum merdeka. Untuk kali ini sekolah mengambil tema kearifan lokal mengangkat tentang batik.

“Dengan narasumber yang luar biasa dari Ibu Danar, Gusti Dipo, Ibu Febri. Mereka langsung pelaku budayanya. Kami berharap dapat memberikan motivasi untuk anak-anak. Agar lebih cinta dengan batik. Itu tujuannya dan untuk P5 ini nanti ada semacam gelar karya. Setelah mendapatkan materi semacam ini anak-anak akan langsung praktek untuk kemudian akan mereka suguhkan pada gelar karya di tanggal 30 Mei nanti,” papar Salim usai kegiatan lokakarya.

Peserta lokakarya P5 kearifan lokal batik adalah seluruh siswa kelas 7.

“Ilmu yang mereka dapat dari lokakarya ini akan mereka praktekan. Untuk membuat karya-karya inovatif dari siswa sendiri. Pada gelar karya nanti akan hadir Wali Kota Solo Gibran Rakabuming untuk melihat pentas dan hasil karya anak-anak didik,” ungkapnya.

Pemateri sekaligus Wakil Ketua Himpunan Ratna Busana, Febri Hapsari Dipokusumo menyampaikan dari lokakarya ini siswa dapat mengenal batik dengan baik.

“Ibu Danarsih berbagi kisah 50 tahun lebih berjuang untuk terus nguri-uri batik. Beliau menyampaikan bahwa sejak kecil memang bergelut dengan batik. Jadi memang lahir dari keluarga pembatik. Harapannya ke depan anak-anak ini nanti kalau memang punya passion itu bisa menjadikan batik sebagai bisnis dan penghasilan,” tutur Febri.

Pada lokakarya teraebut pemateri menyampaikan mulai dari sejarah batik, motof.batik, filosofi dan perkembangan batik dari masa ke masa.

“Ini bisa menjadi penghidupan bahwa batik  menghidupi banyak orang karena dari satu lembarnya itu pengerjaannya oleh orang yang cukup banyak,” terangnya.

Febri mengatakan, KGPH Dipokusumo menceritakan tentang filosofi. Kemudian tradisi penggunaan batik itu lebih kepada sejarahnya pada era Pakubuwono ke-7.

“Ketika batik mulai boleh keluar dari tembok Keraton. Sehingga menjadi lebih modern, lebih kekinian sampai hari ini. Juga terjadi pergeseran motif kemudian penggunaan batik sudah sampai untuk banyak hal tidak hanya kain jarik saja,” jelasnya.

Pihaknya juga menyampaikan perbedaan batik cap dan tulis dan juga kain printing motif batik.

“Sekarang banyak tekstil motif batik. Jadi tadi anak-anak belajar membedakan antara batik printing, batik cap dan batik tulis. Karena membatik ini melalui proses yang cukup panjang dari mulai nyoret sampai mlorot hingga hasil.jadi memakan waktu berbulan-bulan. Itulah mengapa batik tulis itu mahal,” tandasnya.

Dari kegiatan ini pihaknya berharap anak-anak masa kini tidak melupakan roh, sejarah, esensi dari filosofi batik yang pakem.

“Karena UNESCO ketika menetapkan batik Indonesia sebagai warisan budaya tak benda itu menilai dari proses membatiknya yang cukup panjang,” pungkasnya.

 

Sumber : Mettanews.id

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Radar Solo : Siswa SMPN 1 Solo Belajar Arti Demokrasi Sejak Dini, Wawali Ikut Beri Materi

BERBAGI CERITA: Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa gelar sosialisasi soal pesta demokrasi di SMPN 1 Solo, kemarin. (FAUZIAH AKMAL/RADAR SOLO) RADARSOLO.COM — Sebentar lagi p

27/01/2024 18:02 - Oleh Administrator - Dilihat 86 kali
Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Triwulan IV Tahun 2023

 Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Triwulan IV Tahun 2023

30/12/2023 07:00 - Oleh Administrator - Dilihat 105 kali
Jadwal Penilaian Sumatif Tengah Semester (PSTS) Gasal Tahun Pelajaran 2023/2024

23/09/2023 05:56 - Oleh Administrator - Dilihat 196 kali
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) TAHUN PELAJARAN 2023/2024

  Download

16/06/2023 09:19 - Oleh Administrator - Dilihat 851 kali
SOLOaja.co : Wawali Solo Teguh Prakosa Kagumi Karya Siswa SMPN 1 Projek 'Memetri Lestarining Batik'

SOLO (Soloaja.co) - Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) siswa SMPN 1 Surakarta dengan topik kearifan lokal ‘Memetri Lestarining Batik’, berakhir ditandai dengan a

02/06/2023 10:42 - Oleh Administrator - Dilihat 282 kali
Sinikini.com : SMP Negeri 1 Surakarta Perdalam Nilai Kearifan Lokal Lewat ‘Memetri Lestarining Batik’

SK – SMP Negeri 1 Surakarta proaktif dalam menjalankan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Terbukti, hingga saat ini sudah memasuki pelaksanaan ketiga kalin

23/05/2023 08:06 - Oleh Administrator - Dilihat 173 kali
Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan 1 Tahun 2023

   

04/05/2023 09:32 - Oleh Administrator - Dilihat 209 kali
Jadwal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang(PSAJ) Tahun 2023

  Download  

26/04/2023 14:43 - Oleh Administrator - Dilihat 256 kali
Radar Solo : Wujudkan Smart Generation yang Sholeh Sholehah, SMPN 1 Surakarta Gelar Pesantren Ramadan

RADARSOLO.COM – Memasuki minggu ketiga Ramadan, SMPN 1 Surakarta menggelar Pesantren Ramadan. Mengusung tema Smart Generasi Sholeh Sholehah, kegiatan digelar di Gedung Pesant

15/04/2023 12:53 - Oleh Administrator - Dilihat 166 kali
Jatengprov : Datangi Rumah Dinas Ganjar, Ratusan Siswa SMP Belajar Kebhinekaan, Pancasila, dan Integritas

SEMARANG – Di tengah kesibukannya yang padat, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo masih meluangkan waktunya menemui ratusan siswa SMP Negeri 1 Surakarta. Bukan dalam sebuah

22/02/2023 15:00 - Oleh Administrator - Dilihat 287 kali