• SMP NEGERI 1 SURAKARTA
  • SPENSA JAYA

ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM)

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM, yaitu literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Baik pada literasi membaca maupun numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi. AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaan konten. 

Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia serta untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.
Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia.

Klik link AKM dan implikasi pada Pembelajaran 

Baca lengkap kunjungi https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/ 

 

Komentar

bsk akm dimulai

saya tidak pernah mengikuti akm

Saya ingin mencobanya walau pun dirumah

Ingin tau

Saya ingin belajar tentang AKM

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
UNDANGAN ZOOM PESERTA DIDIK

Untuk memantapkan persiapan peserta didik dalam menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal, sekolah akan menyelenggarakan pertemuan Zoom yang akan diadakan pada hari senin, tanggal

20/11/2020 07:04 - Oleh Administrator - Dilihat 749 kali
PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) GASAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Sesuai dengan kalender Pendidikan tiba waktunya pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Gasal yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 November sampai dengan 7 Desember 2020. Menghadapi masa

20/11/2020 05:09 - Oleh Administrator - Dilihat 2231 kali